Tips dan Trik Sukses Interview User – Special untuk Anak IT

Tips dan Trik dalam menghadapi interview user khusus untuk anak IT. Interview User tidak lagi menakutkan seperti kemarin.

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ada 2 skema dalam interview user, schema pertama interview user digabung dengan interview HRD jadi ada 2 interviewers dalam sekali sesi interview, skema kedua interview HRD dan User dipisah. Gw pernah mengalami kedua schema tersebut, well semoga pengalaman gw dapat memberikan pandangan temen – temen yang membaca artikel ini.

Interview User, hemmm apa sih user itu? Menurut gw definisi User itu adalah seseorang atau group of people yang akan bekerja sama dengan kita nantinya nah user ini penting untuk tau calon karyawan yang akan masuk kedalam team mereka. Sejujurnya interview user bisa dikatakan lebih horror dari pada interview HRD karena hamper 90% yang ditanyakan user adalah masalah Teknis alias Skill kita. Di artikel ini gw akan membongkar apa saja yang ditanyakan oleh user based on my experiences, so guys cekidottt…

 

  1. Familiar dengan teknologi apa?

    Pertanyaan pertama adalah “Kamu Familiar dengan teknologi apa?” User ingin tau cakupan pengetahuan kamu tentang dunia IT, semakin banyak kamu tau atau familiar dengan teknologi terkini akan semakin besar pula chance diterima diperusahan tersebut.

  2. Sering coding menggunakan Bahasa pemrograman apa?

    Pertanyaan pertama saling berkaitan dengan pertanyaan kedua, User ingin tau lo jago di bahasa pemrograman apa saja, sesuai tidak dengan kebutuhan kantor karena biasanya kita daftar di posisi Junior Programmer tetapi gak tau nih Junior programmernya kerja menggunakan bahasa pemrograman apa, emang sih ketika kita mendaftar udah ada skill requirmentnya tetapi ini dunia kerja tak jarang PHP programmer disuruh ngerjain Javascript Project (Nodejs) atau disuruh belajar Java. Seorang programmer sebenernya dituntut menguasai lebih dari 2 bahasa pemrograman maka dari itu kita juga harus pinter-pinter menjual diri.

    Ambil contoh kalo gw yang jawab pertanyaan ini gw akan bilang, “Saya menguasai 3 bahasa pemrograman server side : PHP, Javascript Server Side (NodeJs) dan LotusScript (IBM LotusNotes) dan menguasai 2 front-end framework yaitu ReactJs dan AngularJs” dan masih bisa di kembangkan lagi jawabannya agar lebih panjang. Intinya adalah lo harus show off jika hanya menguasai 1 bahasa pemrograman gpp bilang saja dengan jujur itu tidak masalah sebenernya yang penting ada yang dikuasai.

  1. Pernah terlibat di project apa saja?

    Ini pertanyaan untuk pengukur jam terbang lo sebagai anak IT, semisal lo daftar Junior Programmer tetapi sudah menyelesaikan lebih dari 2 project besar maka pengalaman lo akan sangat dipertimbangkan oleh user dan juga user ingin melihat cara lo manajemen project yang sudah lo buat itu seperti apa.

    Tips menjawab pertanyaan ini: Minimal lo udah ada 1 projectlah yang bisa di show up misalnya project tugas akhir atau project2 tugas besar ketika di kampus. Ceritain peran lo sebagai apa, ngerjain apa saja, teknologi apa yang digunakan serta jelasin ngerjainnya sendiri atau team, kalo team gimana pembagian tugasnya.

 

  1. Project yang paling sulit?

    Nahh ini pertanyaan lanjutan dari nomer 3, project apa sih yang paling sulit yang pernah dikerjain ? #binggung nih kalo gak pernah ngerjain project. :D:D

    Tips dari gw, jawab pertanyaan ini dengan jujur ceritain apa sih kendala dalam menyelesaikan project tersebut, trus gimana cara lo handle itu masalah dan gimana cara lo menyelesaikan project yang sulit ini. Jangan ngarang ya karena user akan tau kalo lo ngarang bisa berabe urusannya

  2. Sebutkan bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari.

    Nah ini pertanyaan ketika gw interview diperusahaam M*tr*is, sang user bertanya (pake bahasa inggris tp gw translate ke indo krg lebih gini):

    User: ada gak bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari?
    Gw: ada pak, saya ingin belajar javascript serverside (NodeJs)
    User: kenapa ingin mempelajari itu?

    Gw: ****Bla Bla Bla****

    begitulah kira-kira pertanyaan dari user, nah lo juga harus siap2 jika pertanyaan itu muncul, yaa ngarang aja lo pngn belajar java atau apa tetapi juga berikan alesannya kenapa lo ingin mempelajari itu karena seperti yang gw bilang di atas, kadang kita php programmer tetapi kedepannya bisa disuruh belajar java dan dikasih project java.

  3. Flow pengembangan aplikasi diperusahaan kamu seperti apa?

    Pertanyaan ini ditanyain ketika gw interview di salah satu startup keren di Indonesia bernama ******H, si user nanya karena ingin tau lo familiar dengan metodologi pengembangan aplikasi apa.

    Tips dari gw jika lo belum pernah kerja, bisa pelajari tentang metodologi waterfall atau yang sudah kerja taulah gimana flow pengembangan aplikasi diperusahaannya.

  4. Coba selesaikan kasus berikut ini.

    Pertanyaan terakhir yang selalu gw dapet adalah om user memberikan study case soal logika gitu yang harus diselesaikan saat itu juga dalam hitungan menit.

    Contoh: Gw waktu itu disuruh menyelesaikan logika Bracket, semisal ada bracket “{(()))}” program tau kalo bracketnya kurang satu tidak berpasang2an alias program bisa mendeteksi kalo sintax diatas error. Alhamdulillahnya gw bisa menyelesaikan logika itu dengan baik fiuh~. Nanti akan gw share contoh tes coding dan logika saat interview kerja.

 

Semoga bisa bermanfaat tulisan gw ini dan lo semua yang baca lolos interview kerja dan mendapatkan pekerjaan idaman aminn – amiin. Jika ada yang ingin di tanyakan silahkan menggunakan kolom komentar, saya pasti akan membalas. Thank you for reading.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.