Perbedaan Cloud Hosting Dengan Shared Hosting Biasa

Perbedaan Cloud Hosting Dengan Shared Hosting Biasa

1

What is the difference between Cloud Hosting and Shared Hosting Biasa ..?

Sebelum mengetahui perbedaan cloud hosting dengan shared hosting biasa, anda perlu tahu dulu apa itu web hosting dan apa itu dedicated server dan apa itu virtual private server yang memiliki hubungan dengan cloud hosting dan juga shared hosting. Web hosting tersebut merupakan tempat atau wadah untuk menyimpan data data yang terdapat pada website personal atau juga website organisasi. Pada web hosting ini sendiri di bagi menjadi 3 bagian yaitu Dedikated server atau DS kemudian Virtual Privat server atau VPS dan yang terakhir yaitu Shared Hosting.

Perbedaan Arti Cloud Hosting Dengan Shared Hosting Biasa

Cloud hosting merupakan layanan hosting yang memiliki hubungan dengan banyaknya server yang dapat memberikan kepercayaan pada pengguna untuk tidak perlu kuatir lagi terhadap kinerja server yang belum stabil atau juga terhadap sumber daya yang juga terbatas. Karena cloud hosting ini sendiri mempunyai resource yang sangat tidak terbatas untuk dapat terhubung kepada server dan dapat memudahkan anda untuk menambah server dengan cara on the fly tanpa harus mengganggu proses yang sedang berlangsung. Layanan cloud hosting sangat berbeda dengan layanan shared hosting.

Shared Hosting biasa merupakan layanan hosting yang dapat di jalankan secara bersama sama oleh pengguna layanan yang lainnya dengan menggunakan sumber daya terbaik dari software dan juga hardware bahkan IP address dalam waktu yang bersamaan. Shared hosting ini di pengaruhi oleh segala jenis proses yang sedang di lakukan oleh pengguna yang apabila pengguna menggunakan layanan dengan berlebihan maka server akan terbebani dan pengguna lainnya dan tentu akan membuat layanan server menjadi lambat dan imbas yang paling parah yaitu website tidak dapat untuk di akses.

Keunggulan Cloud Hosting dibandingkan dengan Shared Hosting Biasa

Perbedaan cloud hosting dengan shared hosting biasa dapat di lihat dari keunggulan yang di miliki oleh cloud hosting yang tidak di miliki oleh shared hosting yaitu

  1. cloud hosting dapat menghindari keterbatasan dari hardware sehingga segala kebutuhan pengguna terhadap RAM, CPU dan juga Quota Harddisk akan dapat di pastikan.
  2. Anda dapat dengan mudah menambah kapasitas dengan ukuran jumlah yang anda inginkan ketika kebutuhan anda meningkat.
  3. Kemudian cloud hosting ini juga memberikan skalabilitas yang sangat tinggi dan juga memberikan kinerja yang sangat baik. Hal ini di karenakan tidak adanya batasan dalam jumlah skalabilitas yang mampu di capai oleh cloud hosting dan proses penambahan atau juga pengurangan resource juga tidak akan menghambat alur kerja yang sedang berjalan.
  4. Cloud hosting juga dapat mengelola sumber daya nya sendiri sehingga sumber daya yang di butuhkan dapat di tentukan sendiri.
  5. Anda dapat memilih penggunaan ukuran server seperti virtual yang berkaitan dengan RAM, Disk space dan juga sistem operasi Linux atau sistem operasi windows.
  6. nasabah dapat membayar sesuai dengan kebutuhan resource penggunaan memory atau juga penggunaan bandwith.

Cloud Hosting berbeda dengan shared hosting yang apabila shared hosting terkena hack atau terjadi failure pada hardware maka para pengguna layanan shared hosting akan terkena dampak dengan tidak dapat di aksesnya website yang anda miliki.

Shared hosting sangat tepat di gunakan untuk anda yang mempunyai blog dan juga web presence. Bagi anda yang memiliki toko online juga dapat menggunakan layanan shared hosting.

Keunggulan dari shared hosting yaitu tergolong hosting yang sangat begitu murah apabila di bandingkan dengan hosting lainnya.

Perbedaan cloud hosting dengan shared hosting biasa juga dapat di lihat dari kekurangan yang di miliki oleh shared hosting yaitu pengguna layanan ini tidak dapat leluasa dan bebas dalam pemakaian sumber daya server atau juga dalam pemakaian software yang di butuhkan. Hal ini di karenakan hak penuh yang di berikan kepada administrasi server di pegang dan di atur penuh oleh admin.

Keunggulan cloud hosting yang tidak di miliki oleh shared hosting yaitu

  • cloud hosting lebih dapat di andalkan karena lebih kuat untuk menjadi subyek dan cloud hosting mempunyai banyak sekali node atau juga dedicated server yang tidak akan membuat website menjadi terganggu atau down meski ada satu atau dua node yang tiba tiba off secara bersamaan.
  • Untuk deploying coud hosting ini sendiri sangat cepat dan sangat mudah pada saat memakai dedicated server dan yang perlu anda perhatikan pada saat penggunaan yaitu dengan mengkonfigurasi software dan juga mengkonfigurasi servis setelah melakukan deploying hardware. Di sini cloud hosting mampu memangkas masalah dan pengguna hanya perlu memberi slot pada server.

Bandingkan apabila anda menggunakan shared hosting maka yang terjadi adalah

  • Jika salah satu server dapat down dan website anda tentunya akan down juga, hal ini sangat berbeda dengan cloud hosting yang dapat di gunakan sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuka hati pengguna dan resource yang terdapat dari traffic juga dapat di pertimbangkan.
  • Layanan shared hosting ini sendiri dapat di gunakan hanya dengan biaya yang kurang dari $1 setiap bulan, namun apabila anda cerdas maka anda tidak akan tergiur dengan harga murah ini karena penggunaan layanan shared hosting ini berarti anda sesungguhnya sedang berbagi bagi terhadap pengguna layanan lainnya dalam menggunakan sumber daya mesin server.

Perbedaan cloud hosting dengan shared hosting biasa juga dapat di lihat dari kekurangan yang di miliki oleh layanan shared hosting ini sendiri juga sering mengalami kegagalan yang terjadi pada server yaitu server akan mudah downtime yang di sebabkan karena kegagalan pada hardware atau kerusakan yang terjadi pada motherboard, CPU, Harddisk, RAM, power supply dan lain lainnya. apabila pengguna layanan shared hosting tidak memiliki stok cadangan maka dengan terpaksa hal yang harus di lakukan pengguna terlebih dulu yaitu harus memesan kepada vendor. Hal ini berbeda dengan cloud hosting yang tidak bergantung terhadap satu server saja dan tidak perlu kuatir apabila terjadi kerusakan pada server maka server cadangan lainnya akan segera mengambil alih dan hal ini dapat meminimalkan terjadinya kegagalan server atau mencegah terjadinya server downtime.

Perbedaan cloud hosting dengan shared hosting biasa juga dapat anda lihat dari pemakaian alokasi sumberdaya yang tidak berbagi pemakaian terhadap pengguna layanan yang lainnya. Apabila situs website anda memiliki banyak pengunjung dan apabila sumber daya yang di butuhkan lebih banyak lagi maka dengan sangat mudah anda dapat melakukan upgrage terhadap paket hosting yang dapat anda pilih. Dalam hal penggunaan sumber daya ini di lakukan secara adil dan memiliki batas antara pengguna satu dengan pengguna lainnya tanpa harus berbagi pemakaian dan hal ini sangat dapat menguntungkan pengguna agar dapat tercegah dari terjadinya penyalahgunaan terhadap sumber daya yang telah di sediakan.

1 Comment
  1. Sinar Hadi Wijaya says

    Nice artikel. Mungkin selama ini sudah terbiasa menggunakan shared hosting dan VPS sehingga belum mencoba untuk cloud hosting, mengingat saat ini belum ada yang sreg di hati untuk penyedia jasa yang menawarkan cloud hosting.

    Dengan artikel ini setidaknya menjadi bahan pertimbangan pula untuk mencoba cloudhosting. Sekali lagi terimakasih informasinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.