Membongkar Pertanyaan Interview HRD

Tips dan Trik para pencari kerja khususnya anak IT dalam menghadapi Interview HRD serta membongkar pertanyaan - pertanyaan yang akan ditanyakan pada sesi interview bersama HRD.

0

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Mendapatkan pekerjaan idaman merupakan salah satu kebahagiaan dalam hidup, terutama untuk anak IT jika bisa bekerja di perusahaan IT TOP seperti Google, Microsoft, Gojek, BukaLapak dan perusahaan IT Startup lainnya adalah sebuah kebanggaan, tentunya bisa bekerja di perusahaan tersebut tidaklah mudah, lo harus melewati satu tahap penentuan bernama INTERVIEW.

Menurut gw tahap Interview ini SSG (Susah Susah Gampang) karena lo bener bener harus jadi diri lo sendiri tetapi disisi lain juga dituntut dapat membuat HRD atau User tertarik merekrut lo. Well guys, don’t worry di artikel kali ini gw akan membahas tuntas pertanyaan – pertanyaan interview yang akan ditanyakan baik secara teknis maupun non teknis.

Proses Interview

Di tahap interview umumnya, berdasarkan pengalaman gw, akan dibagi menjadi minimal 2 sesi yang pertama adalah sesi interview dengan HRD dan User dan setelah itu langsung tes coding, untuk beberapa perusahaan kasusnya bisa berbeda contohnya sesi pertama interview dengan HRD selanjutnya tes coding jika lulus akan dipanggil lagi untuk Interview User. Saya pernah mendapatkan kedua kasus tersebut. Oiyaa interview untuk perusahaan IT Internasional selalu menggunakan Bahasa inggris tetapi kalau perusahaan Indonesia ya campur Indonesia dan inggris.

 

Interview HRD

 Hmm, buat lo yang baru pertama kali interview pasti binggung dan penasaran apa saja sih yang di tanyakan ketika interview HRD atau yang sudah pernah interview pasti ingin tau gimana sih sebenernya menjawab pertanyaan HRD yang baik dan benar sehingga dapat membuat mereka terkesan. Well berikut beberapa pertanyaan yang paling sering di tanyakan ketika interview HRD berdasarkan pengalaman pribadi gw.

 

  1. Perkenalkan diri anda

    Ini adalah pertanyaan mainstream yang biasanya akan ditanyakan pertama kali. dari semua perusahaan yang gw lamar pertanyaan ini 100% muncul, dan tips menjawab pertanyaan ini dengan memperkenalkan nama, umur, lulusan dari mana, trus prestasi selama kuliah atau bekerja, sertifikasi apa yang lo punya, minat dan bakat lo, hobi yang berkaitan dengan bidang lo, prestasi-prestasi, semua lo rangkum jadi satu usahakan durasi bicara minimal 1 menit max 1.5 menit.

    Contoh: Perkenalkan nama saya Alucard Kudo biasa di panggil Kudo umur 22 tahun lulusan dari Oxford University Jurusan Teknik Informatika dan lulus pada tahun 2014. Sejak dibangku sekolah dasar saya sudah tertarik dengan dunia IT sehingga saya bercita – cita menjadi professional dibidang itu, selama kuliah saya aktif dalam organisasi kampus seperti A, B. C, saya juga terpilih menjadi asisten dosen dan memiliki beberapa sertifikasi internasional seperti Z, Y, X selain itu saya juga sering mengikuti kompetisi nasional maupun internasional seperti Gemastik, Inaicta dll. Saya memiliki minat yang tinggi di dunia IT, saat ini saya bekerja di perusahaan X (bagi yang udah bekerja, jelasin tentang posisi dan tanggung jawab kamu di sana, jika punya inovasi itu bagus untuk di mention) ( silahkan dilanjutkan sesuai kreasi sampai minimal 1 menit maksimal 1.5 menit)

    JANGAN LAKUKAN HAL INI:

    1. Jangan ceritakan tentang diri lo terlalu lama, misal cerita tentang keluarga, mantan, kehidupan masa lalu yang tidak penting. HRD gak mau mendengar itu.

    2. Jangan bercerita tentang hobby yang gak ada kaitannya dengan bidang yang lo lamar. Misalnya lo suka maen dota 2 atau counter strike whattt…. Pentingkah itu buat HRD? Kan gak nyambung.

    3. Jangan sampai terbata – bata. Fokus ketika menjelaskan tentang diri lo, trus latihan didepan cermin biar lancar jaya ketika ngomong didepan HRD.

    4. Jangan terlalu cepat dalam menjelaskan, atur ritme bicara santai tapi jelas.

  2. Kegiatan saat ini apa?

    Pertanyaan kedua biasanya adalah “Kegiatan anda saat ini apa?” jika lo freshgraduate dan belum memiliki pekerjaan ya jawab saja sejujurnya tetapi jika lo sudah memiliki pekerjaan biasanya HRD akan bertanyaan tentang perusahaan itu.

  3. Ceritakan tentang perusahaan kamu.

    Pertanyaan ini muncul ketika gw sudah memiliki pekerjaan sebenarnya ini hanya pertanyaan pancingan karena HRD akan menanyakan hal mendetail tentang perusahaan kamu dan kontribusi kamu di dalam perusahaan. Kurang lebih seperti berikut:

    • Jobtitle kamu apa?
    • Tanggung jawab kamu apa di perusahaan ?
    • Sudah berapa lama disana?
    • Kontribusi apa yang sudah kamu berikan di perusahaan ?
    • Masalah terbesar di perusahaan yang kamu hadapi.
  1. Prestasi yang paling kamu banggakan apa?

    Disini lo harus jujur apa adanya jika punya prestasi wajib untuk disebutkan tetapi jika tidak coba cari apa kira-kira hal membanggakan yang pernah dibuat. Jangan sampai bilang ke HRD tidak ada hal yang bisa dibanggakan dari saya, karena sudah pasti hrd makin tidak tertarik untuk merekrut lo. Oiya tambahan selain menyebutkan hal yang dibanggain lo juga harus nyebutin alesan kenapa lo bangga dengan hal itu.

    Contoh:
    – Saya berhasil menjadi juara design grafis tingkal nasional pada tahun 2012 saya bangga karena kompetisi ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta di lebih dari 52 universitas di Indonesia.
    – Saya berhasil membuat sebuah inovasi untuk perusahaan berupa **** yang membantu perusahaan dalam memanajemen project-project nya.

  2. Sebutkan masalah terbesar yang pernah dihadapi.

    Ceritakan tentang masalah yang pernah lo hadapi ntah itu ketika di kampus, di kantor ataupun dikehidupan masa lalu.

    Tricknya jawablah dengan jujur dan akhir dari masalah tersebut kalau bisa happy.

  3. Sebutkan 3 Kelemahan kamu?

    Pertanyaan ini serba salah untuk dijawab dan sering membuat gak yakin juga terhadap jawaban diri sendiri. Well, disini lo harus jujur dan juga cerdas dalam membuat jawaban. Semisal lo itu orangnya jelek dalam komunikasi, lo bisa sebutin itu tetapi lo juga harus kasih SOLUSI dari kelemahan tersebut sebagai contoh Saya memiliki kekurangan dalam hal komunikasi, saya menyikapi hal tersebut dengan terus berlatih berbicara dengan orang-orang dan juga menonton video youtube gimana caranya berkomunikasi dengan orang lain lebih baik. Mungkin jawaban gw agak panjang, itu tidak apa2 yang penting dari setiap kelemahan harus ada solusi untuk kelemahan tersebut.

  4. Sebutkan 3 Kelebihan kamu?

    Pertanyaan ini juga sama seperti pertanyaan nomer 6, lo harus jujur dan juga cerdas dalam memberikan alasan kenapa hal tersebut menjadi kelebihan lo, sebagai contohnya “Saya senang belajar hal hal baru” jelasin hal-hal apa yang senang untuk dipelajari. Atau contoh kedua “Saya mudah untuk beradaptasi di lingkungan baru” nah disini lo bisa beri contoh dimana lo pernah beradaptasi dengan mudah di lingkungan baru, misalnya lo pindah sekolah dan dalam beberapa hari langsung bisa membaur dengan temen-temen baru.

  5. Mengapa perusahaan saya harus merekrut kamu?

    Pertanyaan ini penting untuk HRD dalam menambah keyakinan apakah lo pantas kerja di perusahaan dia. So, lo harus jawab pertanyaan ini dengan tegas, yakin dan sebaik-baiknya jangan lepas kesempatan didepan mata.

    Mungkin lo bisa menjawab: “Karena saya sudah bermimpi sejak dibangku kuliah untuk kerja diperusahaan ini dan saya ingin berkontribusi serta berkarir di perusahaan ini” (bukan jawaban mutlak ya, gw berharap lo ga copas jawaban diatas, karena lo masih bisa tambahin dengan kalimat yang lain yang bisa meyakinkan HRD)

  6. Kontribusi apa yang bisa diberikan untuk perusahaan?

    Pertanyaan ini termasuk horror, ya kali kita aja belum kerja diperusahaan tersebut sudah ditanya kontribusi apa yang harus diberikan. Pusing pala naruto…

    Well guys, ini pertanyaan tricky menurut gw, si HRD ingin melihat apakah lo bener-bener berpotensi memberikan kontribusi nyata untuk perusahaan dan mereka memastikan tidak salah pilih orang untuk bekerja diperusahaannya.

    Tips dari gw jawablah dengan kemampuan yang lo miliki dan bisa bermanfaat untuk perusahaan seperti contoh lo punya kelebihan untuk belajar hal hal baru mungkin dengan belajar hal baru ini bisa memberikan pengembangan baru untuk perusahaan.

  7. Cara kamu menyelesaikan konflik dengan teman seperti apa?

    Pertanyaan ini 100% selalu keluar disetiap interview yang gw jalani, menurut gw ini pertanyaan pancingan selanjutnya HRD akan menanyakan hal lebih mendetail tentang cara kamu menyelesaikan masalah.

    Tipsnya jawab sejujur mungkin dan usahakan endingnya lo bisa selesain masalah tersebut dan berakhir bahagia.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.